Selamat bergabung dengan komunitas seni. Seni mampu membangun kerajaan imajinasi dengan pasukan kreatifitas.

Senin, Maret 28, 2011

Melukis Cepat dengan Cat Air

Wah, melukis dengan cat air itu kan yang paling sulit? Itu memang kata sebagian orang. Namun, bu Ratna berpikiran lain. Tak ada yang sulit dan susah jika kita mau belajar. Tahap awal dalam berkarya adalah melawan ketakutan kita. Harus berani mencoba. Dan cat airpun bukan suatu yang sulit. Mungkin hasil awal bukan karya maestro seperti para seniman dunia, karena kalian masih anak-anak. Maka, tetaplah menjadi anak-anak. Kadang kita harus kembali ke masa anak-anak untuk berpikir kreatif. Why not?! So, nothing is impossible.

Bu Ratna bahkan mengenalkan cat air dulu pad anak-anak. Mengapa? karena cat air pengencernya mudah didapat yaitu air. Apapu merk dan jenis catnya boelh-boleh saja, yang asali atau ASPAL. Yang murah atau mahal boleh dipergunakan. Karena dalam proses belajar harga dan kualitas kita kesampingkan dulu. Karena proses awal adalah pengenalan terhadap materi CAT itu sendiri.
"Halo, aku Aminah kelas 4 SD-2YPK. Cat air, hari ini kita berteman ya. Salam kenal" mungkin kita ibaratkan pengenalan terhadap media itu adalah begitu. KENALAN terlebih dahulu.

Rumus yang telah banyak dipakai para PENGGAMBAR atau ILUSTRATOR pemula dalam membuat karya cat air adalah dengan kombinasi krayon/oil pastel. Ini adalah pasangan yang serasi. Ini adalah tahap selanjutnya. Jangan ragu langsung menggores membuat sketsa dengan KRAYON atau OIL PASTEL. Jauhkan pensil.


Sifat krayon atau oil pastel yang mempunyai unsur lilin sangat membantu dalam menampilkan outline gambar.
Setelah selesai membuat sketsa lalu isi tiap bidang kosong sketsa dengan cat air. berkreasilah dengan mncampur berbagai warna dan mengisikan dalm sketsa dengan full colour. Jangan khawatir, krayon akan melindungi outline yang telah kamu buat.


Nah, sebenarnya sangat mudah tahap awal melukis dengan cat air. Tak ada gambar yang jelek dalam proses belajar melukis. Dari yang jelek pasti akan jadi bagus. Okey...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar