Selamat bergabung dengan komunitas seni. Seni mampu membangun kerajaan imajinasi dengan pasukan kreatifitas.

Selasa, Juni 09, 2009

Ide Tulisan

Pusing dan stagnan. Itulah yang bisa kutuliskan. Tak ada yang lain. Padahal ingin sekali menulis dan membuat ilustrasi, namun belum juga muncul yang brilliant. Bukan berarti aku sama sekali tak menulis. Sudah beberapa tulisan kubuat dan kususun di banyak file di laptop, namun kata hati masih belumbegitu puas. Belum merasa sreg untukdituangkan dan dikirimkan. Berbagai buku pun sudah kulahap sebagai referensi. Dari buku pelajaran,buku cerita, koran, browsing internet dan tanya ke berbagai rekan kerja.
Wah, ternyata membuat tulisan cerita fiksi itu susah-susah gampang. Lebih gampang menulis karya ilmiah, kita hanya tinggal membuat penelitian dan menganalisis. Sedang fiksi harus mengembangkan pola pikir yang imajinatif, namun rasional. Apalagi cerita ana-anak, harus melibatkan banyak unsur. Seperti spikologi, kemampuan baca ana-anak,ilustrasi yang cocok untuk anak, cerita yang membangun karakter, cerita yang mendidik, cerita yang original dan jika mampu adalah cerita yang berniali jual tinggi.
Semua itu darimana? semua dari ide ...
Istilah stagnan pikiranku kali ini juka diibaratkan daamistilah teori melukis adalah masa inkubasi. Masa kemandegan pikiran karena overload ide dan perenungan pengeluaran ide yang terbaik.
Ahh....................

1 komentar:

  1. betul bu....kadang puluhan ide dah berputar-putar diatas kepala (kayak difilm kartun...) tapi menuangkannya susah ya?. Btw sekali-kali pancing jetro untuk cerita, kalo dia lagi mood, ceritanya bisa jadi ide....fantasi liar, kadang lucu, kadang aneh,tapi suatu hari bisa juga bikin saya terharu hehehe.....(ezri)

    BalasHapus