Selamat bergabung dengan komunitas seni. Seni mampu membangun kerajaan imajinasi dengan pasukan kreatifitas.

Senin, Februari 28, 2011

Ngumpulin Tugas Ala SD-2 YPK

Hm, jaman teknologi canggih telah ada di sekitar kita. jadi, mengapa tidak kita manfaatkan. Di tiap rumah sudah pasti ada komputer dan hampir semua link internet. Mayoritas siswa telah memiliki HP. So, mengapa tidak kita manfaatkan?

Sebenarnya apa yang akan aku bicarakan kali ini?
Adalah inisiatifku beberapa waktu ini untuk memanfaatkan teknologi dalam mengumpulkan tugas anak-anak. Awalnya konsep pengumpulan kliping adalah kliping konvensional yang ditempel di buku gambar dan dikumpulkan. Namun tiba-tiba ada pertanyaan siswa, "Bu, bolehkah jika saya print saja?" "Bagaimana kalo lewat flash disk aja, bu?"

Lho, sebenarnya ini tugas kliping apa, sih...
Setelah kurenungkan akhirnya kuputuskan mengapa tidak manfaatkan teknologi saja. Yap!
Tugas anak-anak adalah tentang LOGO. Ya, logo apa saja yang ada di dunia ini. bisa organisasi, grup, kelompok, kegiatan, atau negara. Apa saja. Sebelum anak-anak mencoba berkreasi menciptakan sebuah logo (apapun) secara sketsa, anak-anak saya suruh untuk browsing di internet tentang LOGO apa saja. Hanya melihat gambar logo. Bisa juga melihat Iklan di TV, bisa mengamati banyak logo produk makanan di super market. Setelah itu silahkan copy, gunting, kumpulkan dan serahkan 10 macam gambar LOGO sebagai bukti telah mengamati.

Ternyata anak-anak mempunyai inisiatif berbeda-beda, sehingga saya sebagai guru juga harus mewadahi inisiatif itu dengan adil.
Akhirnya tugas bisa dikumpulkan dalam beberapa versi:
1. Melalui cara menempelkan gambar di kertas
2. Print gambar langsung lalu dikumpulkan
3. Bisa melalui transfer data melalui flash disk
4. Bisa mengirim data lewat email (ratnalumut@gmail.com)
5. Bisa melalui posting atau inbox di facebook Ratna Harwiyati)

Dan ternyata cara tersebut sangat effektif. Anak-anak bebas memilih cara yang mereka sukai.
Karena HP saya online FB dan email, sehingga ketika saya DINAS keluar kota (ke Tanah Grogot Kabupaten Paser), saya bisa tahu perkembangan anak yang kirim tugas baik lewat email maupun facebook.

Teknologi memang sangat membantu. Terima kasih ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar